PRESTASI OLIMPIADE FISIKA

Alhamdulillah selama 3 tahun berturut-turut MTs Al-Mukhtariyah berhasil mengirimkan siswanya ke ajang kompetisi Olimpiade Fisika Masdrasah Tsanawiyah Tingkat Provinsi Jawa Barat (2009-2010-2011). Pertama kali yang berhasil lolos ke tingkat provinsi ialah siswi bernama Nurhasanah (2009) ia berhasil menjadi juara terbaik pertama tingkat kabupaten Bandung yang dulu masih menginduk ke kabupaten Bandung, sekarang Nurhasanah telah melanjutkan studinya ke salah satu Madrasah Aliyah terkenal di Kota Cimahi.

Kemudian selanjutnya dilanjutkan oleh sepak terjang Siti Latifah (2010) seorang siswi mutiTalent yang kini sedang menunggu kelulusan dari MTs Al-Mukhtariyah, Siti Latifah mampu menembus babak final pada tingkat Provinsi dan memperoleh peringkat 6 terbaik pada saat itu.

Puncaknya kemarin tanggal 27-28 Mei 2011, telah berlangsung Kompetisi Olimpiade Fisika Tingkat Provinsi Jawa Barat di Lembang, KBB. Yang menjadi utusan adalah seorang siswi kelas 8 bernama Siti Nurazizah. Pelatihan yang telah dijalani begitu panjang hampir 1 semester Siti Nurazizah bersama satu rekannya yaitu Dian Siti Solihah digodok dalam pelatihan olimpiade oleh guru-guru yang terbaik di bidangnya khususnya Fisika (Nurzaman & Ruba Nurzaman).

Pelatihan yang memakan waktu cukup lama tersebut menghasilkan hasil yang begitu memuaskan, meskipun salah satu dari peserta pelatihan harus mundur di tingkat Kabupaten. Di tahap pertama yaitu tingkat KKM Cikalong, kedua peserta dari MTs Al-Mukhtariyah berhasil menyabet peringkat I dan II sehingga keduanya berhak mengikuti putaran selanjutnya di tingkat Kabuaten.

Di Tingkat Kabupaten Bandung Barat (7 Mei 2011) kedua peserta telah berusaha maksimal, yang akhirnya Siti Nurazizah mampu tampil sebagai juara terbaik 1, namun rekan satu tim Dian tidak dapat melanjutkan perjuangan.

Di tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan di lembang pada tanggal 27-28 Mei 2011, Siti Nurazizah tampil sangat mengesankan. Dia dapat melampaui yang ditargetkan oleh pembimbing, Lolos kebabak final. Ada dua tahap yang harus dilalui di tingkat Provinsi, yaitu babak penyisihan dan Babak Final. Di babak penyisihan peserta diuji dengan 2 ujian, yaitu ujian tulis dan ujian praktikum. Pada babak penyisihan akan tersaring 5 peserta, yang Alhamdulillah Siti Nurazizah termasuk di dalamnya. Pada babak final peserta akan diuji kemampuan menerapkan konsep-konsep fisika yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari melalui Presentasi. Babak ini dirasakan babak yang paling berat, selain peserta harus mempresentasikan tema yang diajukan oleh Juri, juga harus menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari juri. Namun Alhamdulillah Siti Nurazizah berhasil melalui ujian tersebut dan memperoleh peringkat ke-3 terbaik di babak Final, serta berhak menerima trofi dan medali perunggu.

Suatu prestasi yang sangat mengagumkan, dari 26 Kota-kabupaten Siti Nurazizah dapat tampil sebagai juara ke-3, didampingi oleh rekan satu kabupaten lainnya yaitu seorang siswi dari MTs Firdaus Cipatat yang juga meraih peringkat ke-3 terbaik tingkat provinsi pada bidang PAI.

Selanjutnya, Olimpiade Fisika tahun depan telah menanti, selain bidang fisika ada dua bidang lain yang menanti yaitu Matematika dan Fisika. Program Pembinaan untuk tahun depan akan segera berlangsung. Tinggal menunggu kesiapan semua pihak yang akan senantiasa siap memeberikan segala upaya untuk mensukseskan salah satu misi penting ini, untuk Memajukan dan Mengharumkah nama Madrasah kita tercinta ini MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala.

Sampai Jumpa di Kompetisi Olimpiade Tahun depan (2012)….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *